Powered By Blogger

Jadwal Shalat

Melihat Standar Proses Pendidikan

Letak Kekuatan & Kelamahan Standar Proses

Kekuatan:

· Perangkat Pembelajaran masing-masing bidang studi sudah lengkap
· Mengadakan workshop setiap awal tahun ajaran untuk pengembangan perangkat pembelajaran (silabus, RPP, dan Sistem Penilaian).

* Fasilitas pembelajaran sudah cukup memadai (buku, ruang kelas, multimedia, perpustakaan, dll)
* Pemanfaatan sumber belajar bervariasi dan meningkat
* Guru telah mengalokasikan waktu sesuai dengan prosem
* Program remidi dan pengayaan sudah terlaksana pada semua bidang studi.
* Pengembangan muatan local (ICT) sudah berjalan dengan baik
* Pemanfaatan ICT dalam melaporkan hasil belajar siswa
* Laporan hasil belajar siswa sudah bisa diakses lewat internet
* Aturan pengawasan KBM sudah ada
* KBM sudah relative menyenangkan
* Pelaksanaan KBM pada hampir semua mata pelajaran UN sudah dilaksanakan secara team teaching

Kelemahan:

· Instrumen Penilaian masih belum lengkap
· Media pembelajaran masih belum lengkap
· Belum semua siswa dapat mengembangkan diri sesuai dengan bakat dan minatnya
· Dimungkinkan masih ada guru yang belum menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi.
· Masih ada guru yang belum memiliki kompetensi dibidang ICT
· Masih ada guru yang belum menginternalisasikan life skill secara universal dalam KBM
· Kurang optimalnya penggunaan media pembelajaran yang tersedia oleh guru
· Belum ada program akselerasi bidang studi
· Belum optimalnya pelaksanaan program pengembangan diri (termasuk perekrutan Pembina)
· Madrasah belum mempunyai standar proses belajar mengajar
· Belum optimalnya peran komite dalam pengembangan standar proses pembelajaran
· Dimungkinkan pelaksanaan penilaian berbasis kelas belum optimal
· Pelaksanaan laporan hasil belajar siswa setiap dua bulan sekali belum terlaksana secara optimal (belum tepat waktu)
· Pengelolaan laporan hasil belajar siswa belum optimal
· Pelaksanaan aturan pengawasan KBM belum optimal
· Sosialisasi tentang aturan pengawasan KBM kepada siswa kurang optimal
· Pengisian jurnal KBM di kelas belum optimal


Kualitas Proses ( Menelaah Kualitas )

Untuk mewujudkan semua konsep kebijakan pendidikan yang menyangkut kebijakan desentralisasi pendidikan, pendekatan pengelolaan dan kelembagaan pendidikan serta sistem/kurikulum dapat menjadi bermakana adalah ujung tomabaknya pada tingkat proses pendidikan yang berkualitas . Dalam upaya mendukung pelaksanaan proses pendidikan yang berkualitas paling tidak ada tiga unsur yang sangat menunjang yaitu, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), ketersediaan Sarana Prasarana/fasilitas yang memadai, dan Kemampuan finansial yang cukup.

A. Kualitas Sumber Daya Manusia
Kualitas sumber daya manusia sangat menentukan misalnya dalam hal pola managemen kepemimpinan di sekolah, dan metode pengelolaan di dalam kelas (oleh guru). Kepemimpinan kepala sekolah haruslah dapat menciptakan suasana yang kondusif dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah antar guru dan siswa. Guru yang profesional dan efektif dapat menajmin proses pemebelajaran menjadi berkualitas dan dapat mencapai keberhasilan. Tidak dapat kita pungkiri bahwa, peranan guru amat signifikan bagi setiap keberhasilan proses pembelajaran.
Hal tersebut sangatlah rasional, karena ketika terjadi proses belajar mengajar guru bisa melakukan apa saja yang dia kehendaki terhadap peserta didik. Guru yang profesional tentu tahu tugas dan tanggungjawabnya sebagai guru. Guru yang efektif akan selalu berupaya mencapai tujuan pemebelajaran yang sudah ditetapkannya.
Akan tetapi sebaliknya karena besarnya otoritas guru didalam kelas, jika ia tidak profesional dan tidak efektif Proses pembelajaran akan menjadi sia-sia. Bahkandia bisa mematikan kretifitas siswa dan menumpulkan daya nalar.

B. Sarana Prasarana/Fasilitas
Apabila sarana dan prasarana/fasilitas tidak tersedia, maka mustahil proses pembelajaran bisa berlangsung. Kualitas proses pembelajaran juga sangat ditentukan oleh ketersedian sarana dan prasarana yang memadai. Adanya gedung sekolah yang dilengakapi dengan fasilitas lain seperti tempat duduk, meja, laburaturium, sarana perpustakaan, buku/alat belajar dan lain-lain adalah sarana yang sangat dibutuhkan untuk sebuah keberhasilan dalam proses pendidikan.Semakin lengkap sarana belajar yang tersiedia semakin besar kemungkinan mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran.

Sumber :

1.http://re-searchengines.com/0505nahdi2.html
2.http://imamsujarwo.man3malang.com/?p=67

0 komentar:

Posting Komentar